Galih dan Ratna, Romeo dan Juliet dari Indonesia

Penulis: Cesita Putri Ramadhani
Editor: Aisya Putrianti
Image

Sumber: dadansutiana.blogspot.com

Siapa yang tidak kenal Galih dan Ratna? Dua nama itu bak sebuah frase yang tak terlepaskan sebagai satu kesatuan layaknya Romeo dan Juliet.

Benih cinta tersemai antar dua bintang sekolah, Galih (Rano Karno) dan Ratna (Yessy Gusman). Namun, cinta mereka terhalang oleh Anto yang selevel dengan Ratna dari segi status sosial. Ayah Ratna yang menjunjung tinggi harkat dan martabat keluarga serta mengutamakan status sosial, tidak suka dengan Galih yang mampunya hanya membawa sepeda ke sekolah.

Rintangan yang menghadang mereka justru semakin mempererat hubungan keduanya. Cinta mereka semakin menggebu-gebu. Maka, mereka berpacaran dan bertemu secara sembunyi-sembunyi tanpa sepengetahuan ayah Ratna.

Film yang diangkat dari novel karya Eddy D. Iskandar ini kentara unsur perjodohan dan perbedaan status sosial. Konflik yang muncul dipicu akibat Ratna yang sudah dijodohkan oleh ayahnya dengan seorang insinyur. Ratna tidak mengelak atau membantah ayahnya karena Ratna digambarkan sebagai anak yang penurut.

Film yang menjadi salah satu film terbaik di Indonesia ini telah menciptakan sepasang ikon kekasih antara Rano Karno dan Yessy Gusman. Film yang rilis di tahun 1979 ini pun sempat di angkat ke layar televisi menjadi sebuah sinteron dengan 13 episode. Di sinetron, Galih diperankan oleh Paundrakarna dan Ratna Galih Primakusuma sebagai Ratna. Tak hanya itu, Gita Cinta dari SMA juga pernah dipentaskan di panggung teater pada 2010 dan April 2013 lalu.

Film ini disebut-sebut memiliki kekuatan lintas generasi, maka tak heran jika lagu bertajuk “Galih dan Ratna” masih terdengar hingga saat ini. Bila di Italia ada Romeo dan Juliet, maka di Indonesia ada Galih dan Ratna.

Produser

Tommy Indra

Sutradara

Arizal

Penulis Naskah

Eddy D. Iskandar

Pemain:

Pemeran Utama

Rano Karno

Yessy Gusman

Pemain

Ade Irawan

Adisoerya Abdy

Arie Kusmiran

Doddy Sukma

Junaedy Salat

Lisa Dona

Pong Hardjatmo

Rizal Nurdin

Shirley Malinton

Yatti Surachman

 

Produksi:

Production Companies

PT Tiga Sinar Mutiara Film

This entry was posted in Nostalgia. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s