Hari Ini 4 Tahun Lalu

Penulis: Cesita Putri Ramadhani
 Editor: Gaby Virginia

jamila_presiden

Tepat pada hari ini, empat tahun lalu, Film “Jamila dan Sang Presiden” rilis di FX Plaza, Jakarta Selatan. Tiga hari kemudian, tepatnya 30 April 2009, film yang disutradarai oleh Ratna Sarumpaet ini dirilis secara nasional.

Film adaptasi dari drama panggung “Pelacur dan Sang Presiden” ini mengisahkan, seorang pekerja seks komersial (PSK) Jamila (Atiqah Hasiholan) menyerahkan dirinya sendiri ke polisi dan mengaku telah membunuh menteri yang bernama Nurdin (Adjie Pangestu). Sontak berita tentang dirinya menjadi headline di semua pemberitaan nasional.

Seorang pengusaha kaya yang juga penulis novel terkenal, Ibrahim (Dwi Sasono), ingin membebaskan perempuan yang menempati hatinya itu. Namun, akhirnya Jamila dijebloskan ke lembaga pemasyarakatan (LP) yang dipimpin sipir tegas Ria (Christine Hakim).

Di dalam penjara inilah dimulai penggambaran kisah utama mengenai Jamila. Dalam adegan Ria membaca buku harian Jamila, ditayangkan flashback kisah perjalanan dan pengalaman hidup Jamila. Dari sana Ria tahu bahwa ternyata Jamila dijual ibu kandungnya kepada mucikari yang kemudian menjualnya kepada keluarga kaya. Ketika tinggal dengan keluarga kaya itulah dimulai kisah kelam dalam hidup perempuan tegar dan keras itu. Jamila belia (Eva Celia Latjuba) diperkosa oleh ayah angkat dan kakak angkatnya.

Sembari mencari adiknya Fatimah yang terjerat sindikat prostitusi anak, Jamila aktif memerangi praktik human traficking yang menghantui anak-anak pelosok daerah maupun miskin di Indonesia yang sampai saat ini belum ada aksi pemberantasan yang nyata oleh pemerintah. 

Jamila divonis dan dijatuhi hukuman mati yang akan dieksekusi dalam waktu 36 jam. Ria mengunjungi Jamila di selnya dan mengajaknya menghubungi presiden untuk meminta penangguhan hukuman tersebut. Namun, Jamila menolak mengajukan pengampunan kepada presiden, ia hanya ingin bertemu dengan presiden untuk memperbincangkan kejelasan nasib korban human traficking dan prostitusi.

Jamila mengatakan, “Lebih baik saya merayu presiden untuk meniduri saya daripada saya harus mengemis pengampunan darinya!”

Persidangan Jamila diwarnai kotroversi dan membuat ketua suatu golongan fanatik (Fauzi Baadilah) mati-matian menentang pengampunan atas dirinya.

Sampai waktu pengeksekusian, presiden tak kunjung menyatakan mau menemui Jamila. Film ditutup dengan berjalannya Jamila menuju tempat pengeksekusian dan kemudian terdengar dentuman peluru yang ditembakkan.

Film ini ingin menunjukkan betapa maraknya praktik human traficking akibat kemiskinan dan prostitusi yang terjadi di Indonesia, namun belum ada upaya nyata oleh pemerintah untuk mengatasinya.

Di kancah internasional, film berdurasi 87 menit ini juga ditayangkan di beberapa festival film seperti di Hong Kong dan Australia serta meraih beberapa penghargaan, yaitu salah satunya penghargaan Penyuntingan Terbaik pada Asia Pacific Film Festival ke-53 di Taipei, Taiwan. Jamila dan Sang Presiden juga diajukan untuk Film Berbahasa Asing Terbaik pada Academy Award ke-82 meski tidak dinominasikan.

Produser: Ratna Sarumpaet, Syahril Kahar, Raam Punjabi
Sutradara: Ratna Sarumpaet, Sam Sarumpaet
Penulis: Ratna Sarumpaet
Pemeran: Fauzi Baadilla, Surya Saputra, Atiqah Hasiholan, Marcellino Lefrand, Adjie Pangestu, Christine Hakim, Eva Celia Latjuba, Ria Irawan, Joshua Pandelaki, Aida Nurmala, Ade Irawan, Dwi Sasono, Jajang C Noer, Amyra Jessica

Sumber referensi:

http://filmindonesia.or.id/movie/title/lf-j021-09-843460_jamila-dan-sang-presiden#.UbpuZ9ile-o

http://id.wikipedia.org/wiki/Jamila_dan_Sang_Presiden

    

This entry was posted in Nostalgia. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s